Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Klaten melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Senin, Selasa dan Kamis, 17, 18 dan 20 Juli 2023. Sejumlah 358 siswa mengikuti kegiatan MATSAMA. MATSAMA bertujuan untuk mengenal lingkungan madrasah dan membentuk karakter anak-anak dengan materi yang disampaikan Bapak Ibu Guru. Selain itu, kegiatan Matsama bertujuan untuk menumbuhkan perasaan cinta dan bangga belajar di madrasah, serta mengembangkan kreativitas dan disiplin peserta didik yang cerdas dan berakhlakul karimah.
Peserta Matsama di bagi menjadi 10 Gugus, yaitu Gugus A sampai Gugus J. Kegiatan di laksanakan dari jam 07.00-11.30 WIB. Kegiatan dilaksanakan sampai jam 11.30 di karenakan keterbatasan ruang selama proses pembangunan Ruang Kelas Baru MAN 1 Klaten yang bersumber dari dana SBSN. Setelah kegiatan Matsama, kelas akan di pakai kelas XI untuk bergantian di gunakan kegiatan Pembelajaran. Selama kegiatan Matsama, siswa akan mendapatkan beberapa materi, yaitu
1. Kemadrasahan : Drs. H. Joko Triyono, M.Ag.
Rochmad Hernowo S.T
2. Orientasi Lingkungan : Drs. Susila Catur Santosa
Mujiono, S.Ag.
3. Kegiatan Kesiswaan : Drs. Sukendro
Agus Salim, S.Pd.
Jainuri Asih Fahrudin, S.Pd
4. Tata Cara Belajar : Hatifah Sulistyorini, S.Ag.
Drs. H. Jarwandi
5. Tata Krama dan Etika : Sumadi, S.Pd.
Dra.Eny Yulianti
6. Pengamalan Agama : Achmad Munjamil, S.Ag. M.Ag
Muchtar Syaifudin, S.Ag. M.Pd
7. Moderasi Beragama : Sayektiningsih, S.Pd. M.Pd
Hanifah Akitasari, S.Pd
8. Lagu Mars & Nasioanal : Vera Erlitasari, S.Pd.I
Jainuri Asih Fahrudin, S.Pd.
9. Pencegahan Kenakalan : Polres Klaten
Kegiatan Matsama hari ke dua akan di isi materi Pencegahan Kenakalan bekerjasama dengan Polres Klaten. Tujuan kegiatan tersebut dapat memberikan edukasi sehingga dapat mencegah terjadinya kenakalan remaja. Kegiatan hari ke tiga akan di lakukan Test Diagnosis. Asesmen Diagnostik merupakan penilaian/asesmen kurikulum merdeka yang dilakukan secara spesifik dengan tujuan untuk mengidentifikasi atau mengetahui karakteristik, kondisi kompetensi, kekuatan, kelemahan model belajar peserta didik, sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik yang beragam (kepmendikbud No.719/P/2020). Semoga kegiatan Matsama ini dapat berjalan dengan baik dan dapat membangun Generasi Moderasi Beragama yang Unggul dalam Imtaq dan Imtek. (Widyani – Madi )
Foto : Rais-Laiva (XII MIPA 1)